Headlines News :
Selamat Membaca Artikelnya Kawan
Home » , » Ini Dia Alasannya Mengapa Manusia Tidak Bisa Bernafas dalam Air? Ini Jawabannya!

Ini Dia Alasannya Mengapa Manusia Tidak Bisa Bernafas dalam Air? Ini Jawabannya!

Written By Ghalih Zhahran Aufar on Sabtu, 12 Januari 2013 | 04.15


Mengapa manusia tidak bisa bernafas dalam air? Ketika kita bernapas di udara, udara masuk ke dalam hidung kita, turun ke batang tenggorokan (pipa angin) kita, dan kemudian masuk ke dalam paru-paru. Ketika paru-paru itu mengembang, membentuk jalan udara yang lebih kecil, maka udara itu akan tertahan di kantong khusus yang disebut dengan aveolae.

Di sini, oksigen masuk melalui selaput paru-paru ke dalam aliran darah, dan membuang produk-produk seperti karbon dioksida yang mengalir dari darah dan keluar ke udara, dan setelah itu dikeluarkan bersamaan dengan hembusan napas kita.

Ikan juga memerlukan oksigen untuk hidup, akan tetapi paru-paru ikan tidak dibuat untuk mengestrak atau menyaring oksigen dari udara. Sebagai gantinya, dengan mendorong air melalui organ khusus yang ada di tubuhnya (yang disebut dengan insang), ikan-ikan itu mengganti oksigen dan mengurangi terbuangnya gas.

Karena manusia tidak memiliki insang, kita tidak bisa menyaring udara dari dalam air. Sebagian dari makhluk mamalia, seperti ikan paus dan ikan lumba-lumba, bisa hidup di dalam air, akan tetapi mereka tidak bisa bernapas di dalamnya.

Ikan paus dan lumba-lumba membangun sebuah mekanisme untuk menyimpan napas dalam waktu yang cukup lama di dalam air. Sesudah itu, ikan-ikan itu akan segera muncul ke permukaan untuk menghembuskan napas dan kemudian menarik napas baru.



0 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Poskan Komentar

 
█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌
BONES Official | SomeRight Reserved Copyright © 2013. BONES Official - All Rights Reserved
Template Modified by BONES Official | Ghalih Zhahran Aufar